Teori Mesin Pendingin (kapiler)

1.d.Kapiler

kompressor, kapiler + ekspansi

ekspansi manual + kapiler

kapiler ac 3 pk

Maaf beberapa hari tidak posting karena sibuk. Maklum sebaga wiraswastawan harus kerja keras selagi ada kesempatan.

Pembahasan sekarang adalah tetang kapiler dan klep ekspansi.

Pada gambar diatas posisi letak kapiler untuk ac split biasanya berdekatan dengan kompressor. Pada gambar selanjutnya kapiler diparalel dengan expansi manual yang keluaran efrigrannya stabil. Gambar terakhir adalah kapiler ber ukuran besar yang di pakai untuk ac Floor Standing 3 pk.

Fungsi dari Kapiler adalah untuk membuat cairan freon dingin yang berasal dari Condensor terpancar dalam bentuk kabut sehingga suhu penguapan dari evaporator menjadi sangat rendah.

Diameter pipa kapiler untuk masng masing pendingin tentulah berbeda. untuk refrigerator dan frezzer kecil biasannya menggunakan ukuran 0,26 – 0,28. Untuk frezzer besar dan dispenser biasanya menggunakan ukuran 0,28 – 0,31. untuk ac 1/2 pk sapai dengan 2 pk biasanya menggunakan ukuran 0,54 – 0,70. Untuk ac 2,5 pk sampai dengan 3 pk biasanya menggunakan ukuran 0,70 diparalel dengan ekpansi valve manual. Untuk perangkat pendingin yang lebih besar dari itu biasanya menggunakan Expansi valve otomatis yang didalamnya terdapat orifais berukuran.

Expansi valve adalah klep otomatis yang fungsinya sama dengan pipa kapiler.
cara kerjanya agak berbeda. Ketika sisi input dimasuki gas refigran bertekanan tinggi maka klep akan membuka secara otomatis. Ditengahnya ada membran pengatur berisi airaksa yang ujung sensornya dipasang pada akhir evaporator. pada sisi output ekspansi tekanannya rendah. kwalitas pengabutan dan daya pancar refrigran di dalam evaporator tergantung dari tekanan refrigran pada kondensor. Kalau refrigran cair terindikasi pada sensor membran maka, seketika itu juga klep ekspansi akan membatasi alirannya. Bersamaan dengan itu refrigan yang ada di kondensor sebagian di baipas ke kompressor melalui pipa kapiler kecil.

Pada mesin pendingin kecl pipa kapilernyapun berdiameter kecil. untuk menghindari kebuntuan pada pipa kapiler maka ditambahkan filter/stainer

ditulis oleh: Surono

kembali kehalaman depan

6 responses to “Teori Mesin Pendingin (kapiler)

  1. Ping balik: Teori Mesin Pendingin (Kapiler) « STARELEKTRONIC

  2. sya mau tanya, apa pengaruhnya jika kami menggunakan pipa kapiler ukuran 0,7 untuk AC 1/2 PK. apakah masih tetap dingin? apabila dinginnya berkurang berapa persenkah?, dan apakah bisa mempercepat kerusakan atau tidak? terima kasih.

    • fungsi kapiler adalah untuk pengkabutan di dalam evaporator dan kemudian menyerap panas pada sirip penyerap kalor. semakin besar kapilernya semakin kecil tingkat pengkabutannya dan semakin jauh daya pancar cairan pendinginnya yang bisa berakibat bahan pendingin kembali ke kompressor masih dalam bentuk cair (seharusnya sudah dalam bentuk gas) ini membahayakan kompressor. kl masalah dinginnya masih bisa dingin asal pengisiannya memperhatikan frostline.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s